DOWNLOAD BUKU TAHAP PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH KEMENDIKBUD
Gerakan
Literasi Sekolah merupakan merupakan suatu usaha atau kegiatan yang
bersifat partisipatif dengan melibatkan warga sekolah (peserta didik,
guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, Komite
Sekolah, orang tua/wali murid peserta didik), akademisi, penerbit, media
massa, masyarakat (tokoh masyarakat yang dapat merepresentasikan
keteladanan, dunia usaha, dll.), dan pemangku kepentingan di bawah
koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Gerakan
Literasi Sekolah adalah gerakan sosial dengan dukungan kolaboratif
berbagai elemen. Upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya berupa
pembiasaan membaca peserta didik. Pembiasaan ini dilakukan dengan
kegiatan 15 menit membaca (guru membacakan buku dan warga sekolah
membaca dalam hati, yang disesuaikan dengan konteks atau target
sekolah). Ketika pembiasaan membaca terbentuk, selanjutnya akan
diarahkan ke tahap pengembangan, dan pembelajaran (disertai tagihan
berdasarkan Kurikulum 2013). Variasi kegiatan dapat berupa perpaduan
pengembangan keterampilan reseptif maupun produktif.
Dalam pelaksanaannya, pada periode tertentu yang terjadwal,
dilakukan asesmen agar dampak keberadaan Gerakan Literasi Sekolah dapat
diketahui dan terus-menerus dikembangkan. Gerakan Literasi Sekolah diharapkan
mampu menggerakkan warga sekolah, pemangku kepentingan, dan masyarakat untuk
bersama-sama memiliki, melaksanakan, dan menjadikan gerakan ini sebagai bagian
penting dalam kehidupan.
Literasi
lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir
menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan
auditori. Di abad 21 ini, kemampuan ini disebut sebagai literasi informasi.
Komponen literasi tersebut dijelaskan sebagai berikut:
- Literasi Dini [Early Literacy (Clay, 2001)], yaitu kemampuan untuk menyimak, memahami bahasa lisan, dan berkomunikasi melalui gambar dan lisan yang dibentuk oleh pengalamannya berinteraksi dengan lingkungan sosialnya di rumah. Pengalaman peserta didik dalam berkomunikasi dengan bahasa ibu menjadi fondasi perkembangan literasi dasar.
- Literasi Dasar (Basic Literacy), yaitu kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan menghitung (counting) berkaitan dengan kemampuan analisis untuk memperhitungkan (calculating), mempersepsikan informasi (perceiving), mengomunikasikan, serta menggambarkan informasi (drawing) berdasarkan pemahaman dan pengambilan kesimpulan pribadi.
- Literasi Perpustakaan (Library Literacy), antara lain, memberikan pemahaman cara membedakan bacaan fiksi dan nonfiksi, memanfaatkan koleksi referensi dan periodikal, memahami Dewey Decimal System sebagai klasifikasi pengetahuan yang memudahkan dalam menggunakan perpustakaan, memahami penggunaan katalog dan pengindeksan, hingga memiliki pengetahuan dalam memahami informasi ketika sedang menyelesaikan sebuah tulisan, penelitian, pekerjaan, atau mengatasi masalah.
- Literasi Media (Media Literacy), yaitu kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda, seperti media cetak, media elektronik (media radio, media televisi), media digital (media internet), dan memahami tujuan penggunaannya.
- Literasi Teknologi (Technology Literacy), yaitu kemampuan memahami kelengkapan yang mengikuti teknologi seperti peranti keras (hardware), peranti lunak (software), serta etika dan etiket dalam memanfaatkan teknologi. Berikutnya, kemampuan dalam memahami teknologi untuk mencetak, mempresentasikan, dan mengakses internet. Dalam prak- tiknya, juga pemahaman menggunakan komputer (Computer Literacy) yang di dalamnya mencakup menghidupkan dan mematikan komputer, menyimpan dan mengelola data, serta mengoperasikan program perangkat lunak. Sejalan dengan membanjirnya informasi karena perkembangan teknologi saat ini, diperlukan pemahaman yang baik dalam mengelola informasi yang dibutuhkan masyarakat.
- Literasi Visual (Visual Literacy), adalah pemahaman tingkat lanjut antara literasi media dan literasi teknologi, yang mengembangkan kemampuan dan kebutuhan belajar dengan memanfaatkan materi visual dan audiovisual secara kritis dan bermartabat. Tafsir terhadap materi visual yang tidak terbendung, baik dalam bentuk cetak, auditori, maupun digital (perpaduan ketiganya disebut teks multimodal), perlu dikelola dengan baik. Bagaimanapun di dalamnya banyak manipulasi dan hiburan yang benarbenar perlu disaring berdasarkan etika dan kepatutan.
ingkatan
Literasi
Literasi
tidaklah seragam karena literasi memiliki tingkatan-tingkatan yang menanjak.
Jika seseorang sudah menguasai satu tahapan literasi maka ia memiliki pijakan
untuk naik ke tingkatan literasi berikutnya. Wells (1987, 111) menyebutkan
bahwa terdapat empat tingkatan literasi, yaitu: performative, functional,
informational, dan epistemic. Orang yang tingkat literasinya berada pada
tingkat performatif, ia mampu membaca dan menulis, serta berbicara dengan simbol-simbol
yang digunakan (bahasa). Pada tingkat functional orang diharapkan dapat
menggunakan bahasa untuk memenuhi kehidupan sehari-hari seperti membaca buku
manual. Pada tingkat informational orang diharapkan dapat mengakses
pengetahuan dengan bahasa. Sementara pada tingkat epistemic orang dapat
mentransformasikan pengetahuan dalam bahasa.
Dengan demikian
tingkatan literasi dimulai dari tingkatan paling bawah yaitu performative,
functional, informational, dan epistemic.
Baca lebih lanjut ….dan download semua filenya di bawah ini:
- Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah Ditjen Dikdasmen Kemendikbud download di sini
- Chapter II Materi Umum Gerakan Literasi download di sini
- Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah download di sini
- Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SD download di sini
- Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SLB download di sini
- Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMP download di sini
- Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMA download di sini
- Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMK download di sini
Dekimian kiranya posting saat ini yang membahasa tentang Panduan Gerakan Literasi Sekolah SD,
SLB, SMP, SMA, dan SMK semoga dapat menjadikan pengayaan materi
para guru dan pengajar di seluruh jajaran pendidikan
0 Response to "DOWNLOAD BUKU TAHAP PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH KEMENDIKBUD "
Post a Comment